Firman Dan Roh Kudus

. Hits: 85

 Ringkasan Khotbah Minggu Pagi, 26 Juni 2022 Oleh Pdm. Henny M. Assa

 

Yoel 2:28,  "Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan.” Ketika Roh Kudus ada dalam hidup kita, maka Ia akan memberitahu kita banyak hal. Lewat Firman Tuhan, kita bisa mengerti tentang Roh Kudus.

Yesaya 48:17-18, “Beginilah firman TUHAN, Penebusmu, Yang Mahakudus, Allah Israel: "Akulah TUHAN, Allahmu, yang mengajar engkau tentang apa yang memberi faedah, yang menuntun engkau di jalan yang harus kautempuh. Sekiranya engkau memperhatikan perintah-perintah-Ku, maka damai sejahteramu akan seperti sungai yang tidak pernah kering, dan kebahagiaanmu akan terus berlimpah seperti gelombang-gelombang laut yang tidak pernah berhenti,” ayat ini memang ditulis di Perjanjian Lama, tetapi ditujukan untuk kita orang-orang percaya. Kita adalah orang-orang yang ditebus, menjadi milik Yesus, dan kita dimateraikan Roh Kudus sebagai tanda milik-Nya. Efesus 1:13, “di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu”.

 

Dialah Tuhan Allah yang selalu mengajar hal-hal yang memberi faedah atau keuntungan. Tetapi tidak banyak yang menyadari hal tersebut dan menempuh jalannya sendiri. Bagaimana Tuhan mengajar sesuatu yang memberi faedah? Yaitu melalui firman Tuhan dan melalui Roh-Nya.

 

1.    Melalui Firman Tuhan. Jangan lewatkan firman yang disampaikan, baik itu melalui khotbah atau pun renungan. Buka Alkitab dan renungkan firman Tuhan. Alkitab diilhamkan oleh Allah bukan untuk keberhasilan Tuhan, tetapi untuk manusia. Hanya firman Tuhan yang dapat memberikan faedah. Yosua 1:8, “Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.” Sebelum Musa mati, ia menumpangkan tangan ke atas Yosua, kemudian Yosua penuh dengan Roh kebijaksanaan. Yosua tidak cukup hanya memiliki Roh kebijaksanaan, tetapi dia juga harus merenungkan firman siang dan malam. Roh Kudus yang ada di dalam kita beroperasi bersama dengan firman Tuhan. Selalu ada keuntungan dan benefit ketika kita membaca firman Tuhan.

 

2.    Melalui Roh Kudus. Roh Kudus tidak bisa dipisahkan dari firman Tuhan. Yohanes 14:26, “tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.” Roh Kudus mengajarkan banyak hal, bagaimana mendidik anak, menjadi istri yang bijak, menjadi suami yang baik, pelajar yang baik, karyawan yang baik, berinvestasi dengan baik, dan lainnya. Dia akan ajarkan apa yang menjadi profesi kita. Roh Kudus adalah guru yang terbaik. Dia mengingatkan kita segala sesuatu yang pernah Yesus katakan. Oleh sebab itu jangan pernah mengabaikan firman Tuhan. Jangan ambil jalan pintas, selalu dengar apa kata Roh Kudus yang menuntun kita, jalan apa yang harus kita tempuh. Yohanes 14:26, “Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.” Saat Roh Kudus mengingatkan kita, kita akan merasakan damai sejahtera. Kalau damai sejahtera kita terganggu, itu berarti kita tidak sejalan dengan Roh Kudus. Bila kita mau melakukan segala sesuatu, bertanya pada Roh Kudus untuk mengambil keputusan.

 

Mari miliki kerinduan untuk selalu bersekutu dengan Tuhan. Mungkin ada banyak rencana, datang pada-Nya. Jangan lewatkan apa yang Roh Kudus katakan pada kita. Sehingga kita memperoleh keuntungan-keuntungan dari Tuhan.

Amin.

Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-ansi-language:EN-US; mso-fareast-language:EN-US;}