Menikmati Pelayanan Allah Melalui Sang Putra

Written by Lois.

 

Ringkasan Khotbah Minggu Pagi, 19 Juni 2022 Oleh Pdt. Andrew M. Assa

 

Tuhan tidak mungkin mengingkari janji dan kasih-Nya. Kasih-Nya tetap kekal, kasih-Nya menyelamatkan manusia. Kasih Tuhan sudah dinyatakan sejak awal zaman, bahkan di dalam kasih-Nya--tidak pernah bisa masuk akal--, memperhitungkan setiap dosa kita sebagai dosa tidak sengaja. Ulangan 19 berisi peraturan tentang kota-kota perlindungan. Yosua 20:7-8, ada 6 kota perlindungan: Kedesh, Sikhem, Hebron, Bezer, Ramot, dan Golan. Ulangan 19:4. Siapa yang boleh masuk ke kota perlindungan karena hukum Taurat mengatakan mata ganti mata, gigi ganti gigi, nyawa ganti nyawa?

Penebusan Adalah Kata Terakhir Allah Untuk Kita

Written by Lois.

 

Ringkasan Khotbah Minggu Pagi, 12 Juni 2022 Oleh Pdt. Andrew M. Assa

 

Ketika kita percaya firman Tuhan, Dia sedang pimpin hidup kita. Di dalam firman-Nya ada segala sesuatu yang Dia sediakan. Berbicara tentang penyediaan Allah, itu selalu lengkap untuk roh, jiwa, dan tubuh. Ketika Dia menyediakan buat kita, Dia sediakan yang kita perlukan, Dia berikan kuasa-Nya, damai sejahtera-Nya dan Roh Kudus-Nya. Penebusan adalah kata terakhir Allah untuk kita, bukan penghakiman. Belajar dari kitab Yesaya, Allah ingin kita terima kata-kata terakhir itu dalam hidup kita.

Mengalami Lawatan Tuhan

Written by Lois.

 

Ringkasan Khotbah Minggu Sore, 29 Mei 2022 – Oleh Pdp. Santi Lamba

 

Lukas 7:16 - Semua orang itu ketakutan dan mereka memuliakan Allah, sambil berkata: "Seorang nabi besar telah muncul di tengah-tengah kita," dan "Allah telah melawat umat-Nya."

 

Kata-kata ini tidak muncul begitu saja, karena nubuatan tentang datangnya Mesias ini telah lama dinanti. Dan benar-benar digenapi di dalam Yesus, Sang Mesias. Alkitab yang ditulis adalah janji Allah yang ya dan amin. Hari ini pun Allah sanggup genapi firman Allah. Allah mengunjungi umat-Nya hendak memberi keselamatan dan pertolongan. Kapan?

Sang Penghibur - Memahami Waktu Tuhan

Written by Lois.

Ringkasan Khotbah Minggu Pagi, 5 Juni 2022 Oleh Pdt. Andrew M. Assa

Yohanes 14:16, “Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,” Yesus yang meminta kepada Bapa untuk memberikan Roh Kudus bagi setiap kita. Yohanes 14:17, percaya Roh Kudus diam di dalam kita. Seringkali kita mulai terjebak keraguan dan ketakutan. Kisah Para Rasul 2:1-4, bukan soal upaya satu manusia atau penumpangan tangan seorang pendeta, Roh Kudus adalah pemberian Bapa, atas permintaan Yesus sendiri. Kita bisa mengaku Yesus adalah Tuhan karena Roh Kudus sudah ada di dalam kita. dan Roh Kudus yang sama yang akan membuat kita memahami waktu-Nya Tuhan, langkah-langkah Allah yang tidak bisa dipahami logika manusia. 

Percaya Dan Terima

Written by Lois.

Ringkasan Khotbah Minggu Sore, 22 Mei 2022 Oleh Pdt. Andrew M. Assa

Tabut Perjanjian berisi tiga benda yaitu: dua loh batu—bicara tentang firman Tuhan, tongkat Harun yang bertunas—bicara tentang kepemimpinan Tuhan dan bokor berisi manna—bicara tentang penyediaan Tuhan. Umat Allah berontak terhadap firman, kepada kepemimpinan Tuhan dan tidak percaya bahkan tidak menghargai penyediaan Tuhan. Itu sebabnya Tuhan berkata kepada Musa untuk membuat tabut perjanjian, taruh benda-benda itu di dalam dan di atasnya tutupi dengan tutupan pendamaian (mercy seat) yang di atasnya ada 2 malaikat. Tutupan pendamaian menggunakan kata kapporeth (bhs. Ibrani), Keluaran 25:17. Dalam Perjanjian Baru menggunakan kata hilasterion, ditulis dalam Ibrani 9:5 dan Roma 3:25 - Yesus menjadi jalan pendamaian. Pemberontakan kita harus masuk ke dalam kotak dan harus ditutup oleh tutupan pendamaian. Kristuslah yang mendamaikan kita dengan Allah. Kita memang masih ada di bumi, tapi percayalah firman Tuhan, percayalah kepemimpinan Tuhan dan terimalah penyediaan Allah. Efesus 1:10, ketika Yesus damaikan kita dengan Allah, itu bukan hanya bicara soal rohani tapi segala sesuatu di bumi dan di sorga. Lawatan Allah akan terjadi bagi mereka yang percaya dan mereka akan menerima. Karena banyak orang tahu tentang agamanya tapi tidak pernah mengalaminya. Kabar baiknya, Yesus tersedia untuk melawat semua orang. Lawatan Allah bisa terjadi dalam keseharian dan terus makin bertumbuh.