Kebangkitan-Nya Kehidupan Kita

Written by Lois.

Ringkasan Khotbah Ibadah Paskah, 4 April 2021 Oleh Pdt. Andrew M. Assa

Lewat kematian Yesus Kristus, Allah memberikan kekudusan-Nya kepada kita. Lewat kematian-Nya, Kristus menanggung segala cemar dan dosa kita, dan kekudusan Kristus diberikan pada yang percaya. Kita punya kepastian mewarisi Kerajaan Sorga, namun selama kita masih ada di dunia, kita juga mengalami pengudusan:

I Have Set The Lord Always Before Me

Written by Lois.

Ringkasan Khotbah Minggu Pagi, 28 Maret 2021 - Oleh Pdt. Andrew M. Assa

Ketika kita melihat fakta dan rasanya gagal menemukan harapan kita, pandanglah Tuhan Yesus, lihatlah firman Allah. Ketika kita fokus kepada firman, kabar baiknya firman adalah sumber segala sesuatu.

Mazmur 16:8 - Aku senantiasa memandang kepada TUHAN; karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah. Kadangkala kalau kita melihat situasi, situasi bisa sangat merubah suasana hati. Suasana hati mengubah cara kita memandang situasi. Ketika kita berharap hanya kepada fakta, fakta seringkali mengecewakan. Mari kita memandang hanya kepada Tuhan. I have set the LORD always before me: ... [KJV]. Saya selalu taruh Tuhan di depan saya, kabar baiknya kita hanya akan memantulkan kemuliaan Tuhan. Apa yang kita taruh selalu di depan kita?

Allah Kasih Karunia

Written by Lois.

Ringkasan Khotbah Minggu Sore, 14 Maret 2021 Oleh Pdt. Andrew M. Assa

Ketika berbicara tentang menghidupi iman dan mengimani kehidupan, itu artinya setiap hari ada perubahan, peningkatan menjadi lebih baik.  Keluaran 3:15 - Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel: TUHAN, Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub, telah mengutus aku kepadamu: itulah nama-Ku untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku turun-temurun.

Di dalam Alkitab beberapa kali Tuhan memperkenalkan diri kepada umat-Nya: Aku Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub. Padahal kita tahu Yakub artinya penipu, pengganti, penyerobot. Mazmur 46:8,12, kalau bicara tentang Allah perlindungan, Allah berkata: kota benteng kita ialah Allah Yakub. Kenapa tidak disebutkan Allah Israel, Allah Abraham atau Allah Ishak? Kenapa Tuhan secara khusus menyebutkan Dia Allah Yakub?

Setuju Dengan Penilaian Tuhan

Written by Lois.

Ringkasan Khotbah Minggu Sore, 21 Maret 2021 Oleh Pdt. Andrew M. Assa

Mazmur 27:8 [NCV], “My heart said of You, “Go, worship Him.” So I come to worship You, LORD.” Penyembahan bukan soal kepandaian bernyanyi, tapi  penyembahan adalah saat kita berikan apa yang bisa kita berikan. Dalam terjemahan NLT, “My heart has heard You say, “Come and talk with Me.” And my heart responds, “LORD, I am coming.” Datang dan berbincanglah dengan Tuhan. Semakin kita kenal Tuhan, semakin kita tahu hati-Nya. Mazmur 27:10, Daud menghadapi fakta tidak enak. Tetapi Daud aman dalam kata-kata Tuhan, di hadapan penilaian Tuhan. Mazmur 27:13, “Sesungguhnya, aku percaya akan melihat kebaikan TUHAN di negeri orang-orang yang hidup!” Selama di dunia, Tuhan tidak pernah terlambat menjawab doa kita.

Hidup Yang Berpusat Pada Kristus

Written by Lois.

Ringkasan Khotbah Minggu Sore, 7 Maret 2021 Oleh Pdt. Andrew M. Assa

Hidupi iman dan imani kehidupan. Kejadian 12:1-3, [12:1] Berfirmanlah TUHAN kepada Abram: "Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu; Saat Abram dipimpin Tuhan, ia tidak langsung diberi tahu kemana tujuannya. Seperti tahun 2021, kita tidak tahu jadi apa hidup kita. Tetapi percayakan hidup pada Tuhan, semua telah diatur sempurna. [12:2] “Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat.” Abram tidak tahu bagaimana caranya menjadi bangsa yang besar karena ia sudah mati pucuk dan istrinya menopause. Ijinkan realita ilahi masuk dalam hidup kita. [12:3] “Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat." Tidak perlu memusingkan orang yang berbuat jahat pada kita. Pusat hidup kita adalah janji Allah.