Lunas Oleh Darah

. Hits: 75

Ringkasan Khotbah Ibadah Jumat Agung, 29 Maret 2024 Oleh Pdt. Andrew M. Assa

 

Yesus menebus kita dari dosa dengan lunas. Lunasnya bukan oleh darah salah satu rasul yang paling hebat, bukan oleh darah malaikat, namun oleh darah-Nya sendiri. Pengertian lunas bukan hanya ditebus, tapi ada kuasa Kristus yang memperlengkapi kita. Wahyu 5:9 - Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka meterai-meterainya; karena Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu Engkau telah membeli mereka bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa. Di dalam Kerajaan Sorga ada satu nyanyian yang dinaikkan oleh orang-orang percaya.Yang disebut Engkau adalah Sang Anak Domba yaitu Yesus yang lahir di Migdal-Eder kandang khusus domba korban yang dipersiapkan untuk disembelih di Bait Allah, di Yerusalem. Yesus Anak Domba Allah yang tersembelih. Dengan darah Yesus sendiri, kita sudah dibeli dari tiap suku, bahasa (dialek), dan bangsa. Dan harga pembeliannya terlalu mahal, itulah anugerah (pemberian cuma-cuma, sangat berharga, tak ternilai). Sebetulnya karena jatuh dalam dosa, kita menerima kutuk. Ulangan 28, ayat 1-14 ada 14 berkat bagi orang yang taat dan ayat 15-68 ada 54 kutuk bagi orang yang tidak sungguh-sungguh mendengarkan suara Tuhan dan tidak melakukan dengan setia. Ulangan 28:68, Tuhan akan membawa mereka kembali pada posisi awal jadi budak namun tidak ada yang mau beli karena tidak layak. Wahyu 5:9, Yesus rela disembelih supaya dengan darah-Nya Dia beli semua orang bagi Allah.

 

Gara-gara dosa, kita sudah jadi budak tidak ada yang membeli. Tapi kabar baiknya, Yesus beli kita dengan darah-Nya. Roma 3:23-26 - [3:23] Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,[3:24] dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.[3:25] Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian karena iman, dalam darah-Nya. Hal ini dibuat-Nya untuk menunjukkan keadilan-Nya, karena Ia telah membiarkan dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaran-Nya.[3:26] Maksud-Nya ialah untuk menunjukkan keadilan-Nya pada masa ini, supaya nyata, bahwa Ia benar dan juga membenarkan orang yang percaya kepada Yesus. Ayat 24, hanya karena kasih karunia kita dibenarkan dengan cuma-cuma--tak perlu bayar, ingat darah Yesus mahal, kita hanya perlu beriman kepada-Nya. Ayat 25, jalan pendamaian = hilasterion, Ibrani 9:5. Hanya di dalam Yesus kita beroleh jalan pendamaian. Kita berdamai dengan Allah. Kita terima jalan pendamaian karena iman, iman kepada darah-Nya. Ayat 26, Yesus itu benar, Dia kudus dan Dia membenarkan dan menguduskan yang percaya kepada Yesus. Dialah satu-satunya hilasterion. Kolose 1:20-22 - [1:20] dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus. [1:21] Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhi-Nya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat, [1:22] sekarang diperdamaikan-Nya, di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematian-Nya, untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapan-Nya.  Ayat 20, Tuhan memperdamaikan kita dengan diri-Nya oleh darah Kristus. Tuhan beri kepastian, Tuhan sanggup perdamaikan semuanya baik urusan rohani dan jasmani. Ayat 21, dahulu kita jahat dan memusuhi Allah. Ayat 22, Allah rela menjadi manusia (daging) supaya dalam kondisi manusia, Dia bisa tebus kita.

 

Ibrani 13:20-21, Yesus bukan hanya tebus dengan lunas (bukan lagi milik iblis), tapi kuasa Kristus memperlengkapi kita untuk melakukan kehendak-Nya. Itu sebabnya ijinkan firman Allah memimpin hidup kita. Ibrani 13:20 [FAYH] - Moga-moga Allah damai sejahtera—yang telah membangkitkan Tuhan Yesus, Gembala Agung segala domba, dari antara orang mati—memperlengkapi Saudara dengan segala hal yang Saudara perlukan untuk melakukan kehendak-Nya, melalui darah perjanjian kekal di antara Allah dan Saudara. Dan moga-moga melalui kuasa Kristus, Ia mengerjakan di dalam Saudara segala sesuatu yang menyukakan hati-Nya. Bagi-Nyalah kemuliaan untuk selama-lamanya. Amin. Ketika lunas dibayar, Tuhan perlengkapi, Tuhan berikan kuasa-Nya untuk kita taat.

Amin.